20 Maret 2008

Kerjasama Microsoft - Novell

Perjanjian kerja sama Microsoft-Novell selama lima tahun telah terungkap. Perjanjian ini termasuk menggabungkan paten-paten yang dimiliki masing-masing perusahaan, teknologi, dan bisnis. Microsoft akan membayar Novell sekitar US$240 juta untuk 350.000 kupon atau 70.000 kupon per tahun, mendukung konsumen untuk support, dan perawatan Novell Suse Linux Enterprise Server.

Sebagai tambahan, Microsoft akan membelanjakan sekitar US$94 juta selama lebih dari lima tahun untuk mendukung penjualan dan promosi produk SUSE. Microsoft berharap kerja sama ini akan membantu software management mereka, khususnya masalah virtualisasi, teknologi yang dapat berjalan pada server yang sama tapi dengan dua operating system yang berbeda.

Perjanjian ini juga meliputi pembayaran paten teknologi. Microsoft akan membayar Novell US$108 juta pada sebuah perjanjian engenai hak paten masing-masing perusahaan. Dan sekitar US$40 juta untuk uang ganti rugi dari Novell sebagai jaminan Microsoft tidak akan menuntut konsumen SUSE akibat pelanggaran hak paten. Pembayaran Novell berdasarkan seberapa besar keuntungan yang akan Novell raih dari penjualan produk Linux dan aplikasi Open Enterprise Server.

Novell juga menjelaskan bahwa perjanjian dengan Microsoft tidak melibatkan General Public License (GPL). Perjanjian antara Microsoft dan Novell sempat membuat komunitas open source kaget. Seperti yang telah diketahui, Linux merupakan pesaing berat Microsoft. Tapi bagaimanapun, kerja sama Microsoft dan Novell diharapkan dapat memberikan perkembangan yang positif bagi kedua belah pihak.


Sumber: PCMedia
Penyalin: Rajanya
Sewa Laptop

Tidak ada komentar: