01 Februari 2008

FireWall Sebagai Benteng Pertahanan


Sesuai dengan namanya, firewall bagaikan sebuah tembok tahan api dengan berbagai kemampuan untuk melindungi anda dari serangan pihak luar. Firewall dapat berbentuk hardware ataupun software.

Contoh firewall dalam bentuk hardware adalah Cisco PIX, sedangkan firewall dalam bentuk software adalah Windows XP Firewall, dan masih banyak lagi produk lainnya.

Firewall di dalam sebuah jaringan digunakan untuk melindungi jaringan dari penyusup, walaupun dengan firewall jaringan anda TIDAK 100% dijamin aman, tetapi dengan konfigurasi dan pemahaman jaringan yang baik, firewall dapat melindungi jaringan anda pada level keamanan yang cukup tinggi.

Gunakan firewall untuk mengatur protokol internet/service tertentu, seperti Telnet, FTP, HTTP, HTTPS, POP3, ICMP, dan masih banyak lagi. Contohnya blok akses Telnet yang berasal dari luar jaringan anda (kecuali untuk host yang didaftarkan), karena beberapa penyerangan yang diketahui menggunakan protokol Telnet.

Demikian pula pengaturan untuk protokol lainnya, di mana kebijaksanaan pengaturannya disesuaikan dengan kebutuhan dan keamanan jaringan anda.

Tidak ada komentar: